Jumat, 29 Agustus 2014

Laporan Cd Interaktif



Perancangan dan Pembuatan CD Multimedia Interaktif
Klasifikasi Makhluk Hidup
Kelas X SMAN 1
 JAMBI
TUGAS AKHIR TEKNOLOGI MULTIMEDIA DAN INTERNET

Diajukan Sebagai Salah Satu Tugas Akhir Mata Kuliah Teknologi Multimedia dan Internet Komputer Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UPI “YPTK”
Description: D:\Picture\Logo\upi.jpg








OLEH :
FADILLAH
( 12101156110188 )

JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA “YPTK”
PADANG
2014


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Berdasarkan pengamatan masih banyak guru yang menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional dimana dalam penyampaian materi di depan kelas masih menggunakan papan tulis. Dengan penyampaian materi pelajaran seperti  ini  terkesan monoton dan membuat kreativitas   murid   tidak   berkembang   dengan   baik dan membuat suasana kelas menjadi biasa saja. Selain itu juga masih banyak siswa yang menganggap  mata  pelajaran  biologi   sebagai  mata  pelajaran  yang  sulit dipahami dan merasa kesulitan dalam belajar biologi.
Materi klasifikasi makhluk hidup merupakan salah satu materi dalam biologi  yang memuat pengelompokan mahluk hidup secara sistematis dan bertahap sehingga  memerlukan pemahaman  yang  berlebih.  Hal  itu  akan  membuat  siswa  merasa  jenuh  dan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan semakin berkembangnya teknolologi khususnya di bidang multimedia dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran biologi.
Penyampaian  materi  sistem peredaran drah disini  dibuat agar siswa merasa senang dan tidak bosan dalam proses pembelajaran, yaitu dengan menggunakan compact disk (CD) interaktif. Proses belajar mengajar dilengkapi  dengan  menggunakan  media  yang  telah  dirancang  dan  dibuat dengan memanfaatkan teknologi komputer kemudian dijadikan dalam bentuk CD biasanya berupa CD pembelajaran  yang  dalam   penyampaian materi akan lebih terorganisasi, bersemangat dan hidup, serta  memudahkan guru dan siswa untuk melakukan proses belajar mengajar.  Pembelajaran  dengan  menggunakan CD tersebut  diharapkan akan  dapat  memotivasi siswa untuk belajar,  karena dapat menampilkan penyajian materi secara menarik dan informatif.  Selain itu dalam mempelajari  materi   dan  berlatih soal-soal biologi menggunakan CD Pembelajaran  memungkinkan  siswa  untuk  dapat  belajar  dan  berlatih dalam suasana  menyenangkan  tanpa  meninggalkan  tujuan  pembelajaran,  sehingga siswa  tidak  merasa  bosan  dalam  mengikuti  proses  pembelajaran  dan  tujuan pembelajaran  yang  telah  ditentukan  dapat  tercapai.  Dengan  menggunakan media CD pembelajaran ini diharapkan proses pembelajaran jadi lebih aktif dan siswa lebih terampil dalam memecahkan masalah yang dihadapi.
Dari uraian di atas, maka penulis membuat Tugas Akhir ini dengan judul “Perancangan dan Pembuatan CD Multimedia Interaktif Sistem Peredaran Darah Indentifikasi Masalah di SMA N 1 JAMBI.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat indentifikasi suatu masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana merancang dan membuat struktur materi yang baik dalam mata pelajaran Biologi tentang SISTEM PEREDARAN DARAH.
2.      Bagaimana merancang materi pembelajaran yang baik untuk mata pelajaran Biologi tentang SISTEM PEREDARAN DARAH berbasis media CD multimedia interaktif

B.  Batasan Masalah

Dari identifikasi masalah, maka dapat dibatasi masalah sebagai berikut:
1.      Merencanakan dan membuat materi pembelajaran yang baik dalam mata pelajaran Biologi SISTEM PEREDARAN DARAH.
2.    Merencanakan dan membuat CD Multimedia Interaktif untuk mata pelajaran Biologi tentang SISTEM PEREDARAN DARAH.



C.  Rumusan Masalah

Dari batasan masalah maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
Bagaimana Merancangan dan Membuatan CD Multimedia Interaktif SISTEM PEREDARAN DARAH dalam Pelajaran Biologi untuk Kelas X SMAN 1 Lubuk ALung
D.  Tujuan      
Adapun tujuan pembuatan Tugas Akhir ini adalah :
1.      Membuat CD Multimedia Interaktif yang membantu siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran Biologi.
2.      Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar pada mata pelajaran Biologi.
E.     Manfaat
Penulis berharap dengan adanya pembuatan CD interaktif  ini dapat bermanfaat bagi:
1.      Guru
a.       Dapat memudahkan guru dalam penyampaian materi pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif.
b.      Memberikan informasi tentang metode pembelajaran yang sesuai dengan materi.
2.      Siswa
a.       Meningkatkan motivasi dan prestasi pada mata pelajaran Biologi.
b.      Meningkatkan pemahaman siswa dalam mendengarkan materi yang diajarkan.
F.      Penulis
a.       Untuk memperdalam pemahaman tentang penggunaan CD interaktif.
b.      Meningkatkan pemahaman tentang materi yang telah di dapatkan selama perkuliahan.










BAB II
LANDASAN TEORI
A. CD Multimedia Interaktif
1.    Compact Disc (CD)
Compact Disc (CD) dapat menyimpan informasi dalam berbagai bentuk, seperti : teks, gambar, presentasi, slide, audio dan video. Dalam pendidikan CD dikenal dengan CD program atau CD interaktif pembelajaran yang berisi gambar animasi dan konsep, serta latihan berkaitan dengan materi pelajaran.
            Menurut Jonet (2006 :18) kepingan CD pada dasarnya dibagi menjadi tiga golongan : CD-ROM, CD R dan CD-RW.
2.    Multimedia Berbasis Komputer
Multimedia berbasis komputer terdiri dari CD, CD MP3, VCD dan DVD. Thorn (1995) ( http//pk.ut.ac.id/jp/52 benny html) mengajukan beberapa kriteria untuk menilai suatu media interaktif:
a.       Kemudahan navigasi. Sebuah program harus dibuat   sesederhana mungkin.
b.      Kandungan kognisi. Sebuah program harus berisi pengetahuan dan presentasi informasi.
c.       Isi program. Apakah program telah memenuhi kebutuhan pembelajaran untuk peserta ajar atau belum ?
d.      Integrasi media. Media harus dapat mengintegrasikan aspek dan keterampilan bahasa yang harus dipelajari.
e.       Tampilan. Untuk menarik minat pembelajar, program harus mempunyai tampilan yang artistik.
f.       Estetika. Program yang dikembangkan harus memberikan pembelajaran yang diinginkan oleh pembelajar, sehingga waktu seseorang selesai menjalankan sebuah program dia akan merasa telah belajar sesuatu.

Pembelajaran dengan komputer akan memberi kesempatan pada pembelajar untuk mendapat materi pembelajaran yang dapat berinteraksi secara lebih luas. Pembelajaran pun menjadi lebih bersifat pribadi yang akan memenuhi kebutuhan strategi pembelajaran yang berbeda-beda. Di samping kelebihan dan keuntungan dari pembelajaran dengan komputer tentu saja ada kekurangan dan kelemahannya. Hambatan pemakaian komputer sebagai media pembelajaran antara lain adalah: hambatan dana, ketersediaan piranti lunak dan keras komputer, keterbatasan pengetahuan teknis dan teori dan penerimaan terhadap teknologi.
Menurut Teddy M. Zakaria dan Agus Prijono (2007:1) Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi dan menerapkan (implementasi) interaksi antara manusia dan komputer.
3.    Interaktif
Kegunaan CD multimedia interaktif menurut Winastwan(2007:17) dalam bukunya Produksi CD multimedia interaktif yaitu:
a.       Demonstrasi: Demonstrasi produk teknologi informasi.
b.      Tutorial: Bersifat mengajarkan tentang sesuatu.
c.       Simulasi: Menggambarkan fungsi riil dari sistem, terjadi interaktifitas dua arah.
d.      Evaluasi: Mengukur pencapaian materi, misalnya quiz multiple Choice di setiap akhir penyampaian materi ajar.
Tampilan sebuah media interaktif harus disesuaikan dengan perkembangan dunia grafis. Tampilannya harus menarik supaya penerima informasi tidak bosan dan monoton. Desain juga harus disesuaikan dengan informasi yang disampaikan. Dalam sebuah media interaktif yang terdiri dari berbagai macam bentuk informasi seperti teks, suara (voice), musik dan video dipadukan dalam sebuah media CD.
Menurut Siswanto (2008: 43) Untuk membuat CD Interaktif biasanya dibagi beberapa tahap antara lain:

a.       Kerangka dasar CD Interaktif
1)      Menetapkan Tujuan dan sasaran
2)      Membuat design Lay out
3)      Susunan menu
b.      Tahap Persiapan
1)      Membuat rencana dan alur kerja
2)      Mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam membauat CD Interaktif
3)      Membuat tombol interaktif
4)      Membuat gambar backgound
c.       Tampiln Awal
1)      Membuat halaman utama
2)      Memasukkan gambar sebagai background
3)      Membuat tombol menu
4)      Memasukkan file animasi
5)      Membuat tulisan berjalan
d.      Memasukkan Perangkat dan bahan ajar
1)      Membuat Perangkat Pembelajaran
2)      Membuat Bahan Ajar
3)      Memodifkas file-file
B.  Media Pembelajaran
Menurut Bovee (1997) “Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran’’. Dalam hal ini media pembelajaran adalah alat yang digunakan sebagai perantara dalam menyampaikan pesan (konsep atau prinsip) ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa selama proses pembelajaran. Selanjutnya Sadiman (2003:6) mengemukakan bahwa “media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi”.
Salah satu ciri media pengajaran yaitu harus mengandung dan membawa pesan atau informasi kepada penerima yaitu siswa. Sebagian media dapat mengolah pesan dan respon siswa sehingga media tersebut dinamakan media interaktif. Komputer merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar siswa, sehingga proses belajar mengajar lebih efektif.
Arsyad (2007:26) menyatakan fungsi dari media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sebagai berikut :
1.      Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi.
2.      Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga menimbulkan motivasi.
3.      Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu.
4.      Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa  dilingkungan mereka.
Media pembelajaran  berfungsi untuk mempercepat proses belajar, artinya bahwa siswa dapat menangkap tujuan dan bahan ajar lebih mudah dan lebih cepat dengan media pembelajaran.
C.  Biologi

Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah dikatakan komplek karena melibatkan multi organ, yang pada dasarnya bekerja secara sistemik untuk memindahkan zat dari satu sel ke sel lain. Peredaran darah pada manusia ini,  dilaksanakan oleh sel darah dan mengalir melalui pembuluh. Peredaran darah yang berada di dalam pembuluh darah disebut dengan peredaran darah tertutup.
1. Sistem peredaran darah besar (sistemik)
Peredaran besar atau sistemik di mulai dari bagian anatomi jantung yang tepatnya pada bagian aorta, menuju pada bagian tubuh lainnya, pada bagian tubuh atas maupun tubuh manusia bagian bawah. Peredaran darah terjadi melewati pembuluh darah arteri, mengalirkan darah yang kaya akan unsur oksigen dan kemudian menyebar menuju semua organ tubuh manusia. Maka dari itu, peredaran darah yang satu ini disebut peredaran darah besar.
2. Sistem Peredaran darah kecil (Pulmunol)
Kemudian untuk peredaran darah kecil ini, merupakan peredaran darah pada manusia yang berisikan muatan darah kotor, lalu diangkut oleh arteri Pulmonalis mulai dari serambi bagian kanan ke organ paru-paru. Pada fungsi paru-paru inilah  akan terjadi kegiatan seperti “pembersihan”, yang pada akhirnya darah bersih ini akan di bawa keluar dari paru-paru melewati Vena pulmonalis dan menuju ke jantung tepatnya pada bagian bilik kiri.
Sistem peredaran darah berfungsi untuk mengedarkan zat makanan ke seluruh tubuh. Zat makanan berguna untuk pertumbuhan, mengganti sel-sel yang rusak, dan untuk beraktivitas. Pada manusia, sistem transportasi atau peredaran darah terdiri atas tiga bagian utama, yaitu jantung, pembuluh darah, dan darah.



BAB III
METODOLOGI PERANCANGAN
A. Tujuan Perancangan
Perancangan  merupakan tahap awal dalam melakukan pembuatan suatu masalah dan mencari penyelesaian masalah tersebut dengan menentukan spesifikasi, prinsip kerja dan batasan dari ruang lingkup kerjanya. Tujuan dari perancangan sistem ini adalah untuk menghasilkan suatu produk  yang memenuhi segala spesifikasi yang diharapkan tanpa mengabaikan faktor yang mempengaruhinya. Perancangan yang dilakukan  dimulai dari mempersiapkan bahan ajar, software yang digunakan menyusun algoritma rancangan dan pengujian jalannya CD interaktif sesuai dengan prinsip kerja yang telah ditetapkan dalam perancangan. Pada prinsipnya perancangan yang sistematik akan memberikan kemudahan dalam pembuatan alat dan langkah-langkahnya dapat dilihat dalam pebuatan tugas akhir ini.
Selain itu tujuan perancangan tugas akhir ini adalah untuk meningkatakan minat siswa dalam mengikuti pelajaran Biologi. Dengan adanya CD Interaktif ini diharapkan para siswa dapat termotivasi dan lebih giat lagi dalam melaksanakan proses belajar, sehingga mendapatkan nilai akhir yang lebih baik
B.   ALAT-ALAT PEREDARAN DARAH MANUSIA
Alat-alat peredaran darah pada manusia terdiri atas darah, pembuluh darah dan jantung. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sistem transportasi pada manusia ada dua yaitu peredaran darah dan peredaran limfe (getah bening).

1.       Darah

Fungsi darah :

·         Sebagai alat pengangkut sari makanan dan O2 ke seluruh tubuh dan sisa-sisa metabolisme ke alat ekskresi.

·         Menjaga agar temperatur tubuh tetap.

·         Mengedarkan air, selain mengedarkan sari makanan juga air yang berfungsi untuk reaksi enzimatis atau untuk menjaga tekanan osmosis tubuh.

·         Mengedarkan getah bening.

·         Menghindarkan tubuh dari infeksi (membentuk antibody berupa sel darah putih dan sel darah pembeku).

·         Menjaga kestabilan suhu tubuh.

·         Mengatur keseimbangan asam basa (Hb).

Darah manusia tersusun atas beberapa komponen. Adapun komponen darah adalah :

a.       Sel darah yang terdiri atas : sel darah merah (erytrosit), sel darah putih (leukosit) dan keeping-keping darah pembeku (trombosit).

b.      Plasma darah (cairan) yang terdiri atas :

·         Air, hamper 90% berupa cairan

·         Protein : albumin (53%) berperan dalam menjaga tekanan osmosis darah, globulin (43%) berperan dalam pembuatan antibody, fibrinogen (4%) berperan dalam pembekuan darah.

·         Gas berupa O2, CO2 dan N2.

·         Nutrien : lemak, glukosa, asam amino, vitamin, dll.

·         Garam mineral : NaCl, KCl, fosfat, sulfat, bikarbonat, dll.

·         Zat sisa : urea, kretinin, asam urat, bilirubin.

·         Hormon dan enzim.

c.       Dalam plasma terdapat antigen (protein asing) yang berguna untuk membentuk antibody; presipitin yang menggumpalkan antigen; lisin yang mampu menguraikan antigen; antitoksin untuk menawarkan racun.
C.   Rancangan secara Umum
Secara umum CD interaktif ini dirancang menggunakan program aplikasi Macromedia Director MX 2004. Pada saat CD interaktif ini dijalankan akan ditampilkan halaman awal, halaman intro, halaman pembuka, dilanjutkan pada tampilan halaman menu utama dan halaman keluar dari CD Interaktif. Pada halaman awal terdapat satu tombol yaitu tombol Login apabila di klik maka akan masuk ke halaman intro dan dari halaman intro otomatis akan langsung terhubung ke halaman menu utama. Menu utama terdapat lima pilihan tombol yaitu: tombol SK/KD, tombol Materi, tombol Video, tombol Evaluasi, dan tombol Penulis.
1.      Rancangan Tampilan
Tampilan Media Pembelajara CD Interaktif di desain dengan  menggunakan aplikasi desain grafis program Power Point dan Adobe Flash. Rancangan menu program dibuat untuk mempermudah dalam pemakaian sistem dan memperindah menu. Menu utama tidak dirancang untuk memiliki link ke beberapa halaman lainnya karena mempersulit pembuatan CD interaktif.. Pada halaman Materi akan  berhubungan dengan klasifikasi makhluk hidup.
Dalam CD interaktif ini dirancang beberapa tampilan yaitu:
a.       Halaman Intro
b.      Halaman Menu Utama
c.       Halaman ABOUT
d.      Halaman Materi
e.       Halaman Video
f.       Halaman Evaluasi
g.      Halaman Penulis

1)      Menu ABOUT
Pada menu ini, siswa akan mengetahui siapa pembuat cd inerakif tersebut
2)      Menu Materi
Pada menu ini, siswa dapat memperoleh informasi tentang materi sistem peredaran darah dan terdapat tombol yaitu tombol home , exit back dan next .
3)      Menu Video
Pada menu video terdapat tombol yaitu tombol home , back dan next .
4)      Menu Evaluasi
Pada menu evaluasi hanya terdapat satu tombol, yaitu tombol home. Apabila menu home di klik akan muncul  tentang macam-macam menu.
5)      Menu Penulis
Pada menu ini terdapat identitas penulis.

D.Perancangan  Struktur Materi Media Pembelajaran CD Multimedia Interaktif 
Perancangan struktur materi CD interaktif untuk mata pelajaran Biologi dapat dilihat pada gambar berikut :
E. Rancangan Antar Muka (Interface)
Perancangan Interface CD Interaktif di desain dengan menggunakan aplikasi desain grafis adobe photoscape, adapun rancangan tampilan  nya adalah sebagai berikut :
a.         Halaman Awal
Pada halaman awal terdapat welcome untuk biasa melanjutkan kehalaman berikutnya kita harus memasukkan mengklik ‘ok’.


 










b.      Halaman Login

INPUt NAMA DAN PASSWORD KAMU

NAME                   :
PASSWORD        :
 
Pada halaman ini isikan nama serta passwod lalu tekan ‘login’.













Oval: LOGIN
 







c.         Halaman Ditolak


 









G.    Halaman Menu Utama


 







H.    Halaman Materi



 












I.       Halaman Video


 











J.       Halaman Evaluasi


 







K.    Halaman Penulis


Oval: X
MY BIODATA
FADILLAH
12101156110188
TIK 4


 









F.  Kebutuhan Hardware
Untuk merancang media pembelajaran CD interaktif diperlukan spesifikasi hardware yang mendukung. Perancang tidak mutlak harus menggunakan spesifikasi seperti yang dijelaskan di bawah ini bisa spesifikasi yang lebih rendah ataupun lebih tinggi. Dalam perancangan CD Interaktif ini menggunakan spesifikasi Hardware Sebagai berikut :


1.      PC Pentium IV, Processor 1.8 GHz
Derek Franklin (2003) menyatakan bahwa sistem minimum pendukung macromedia adalah PC Pentium III, prosesor 600MHz. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Jika processor memiliki frekuensi clock 1.8 GHz,  berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya:
Berarti Dengan processor 1.8 GHz  sudah mampu menangani perhitungan dengan kemampuan dan kecepatan yang sangat tinggi.
2.       RAM 512 MB
Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram. Karena dalam pembuatan CD interaktif ini menggunakan software macromedia yang dapat mengolah data dalam bentuk graphis, gambar, suara, dan lain-lain maka dibutuhkan memori yang berkapasitas besar. Derek Franklin (2003) merekomendasikan besar kapasitas memori yang digunakan untuk mendukung program macromedia adalah 256 MB. Semakin besar memori maka semakin banyak data yang dapat disimpan.
3.       Resolusi Monitor 1024 × 768 pixel
Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Dengan memilih monitor dengan resolusi 1024 x 768 pixel maka tampilan tiap frame pada CD interaktif memiliki ketajaman kualitas gambar/tampilan.
4.       Speaker
Speaker berfungsi untuk merubah sinyal listrik menjadi sinyal suara/ audio.  
5.       VGA Card 64.
VGA card berfungsi untuk merubah sinyal digital dari komputer ke sinyal analog agar informasi dapat ditampilkan oleh monitor. Dengan VGA card 64, maka informasi yang ditampilkan pada monitor akan lebih bagus dan halus.
6.       CD- RW.
CD-RW dapat digunakan untuk membaca dan menulis data dari dan ke dalam Compact Disc.  Setelah program CD interaktif selesai dibuat, maka di burning menggunakan hardware CD-RW. 

G.              Kebutuhan Software
1.        Sistem Operasi Windows7
Merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Microsoft windows7 adalah salah satu sistem operasi yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Untuk mendukung kerja software macromedia , maka direkomendasikan penggunaan sistem operasi Windows7 agar sistem bekerja dengan baik.
2.      Adobe Photoscape merupakan salah satu program pengolah gambar standar profesional. Bisa digunakan untuk menangkap layar.
3.         Macromedia Flash MX 2004
Sebagai pembuat program dan animasi, Macromedia Flash adalah software keluaran macromedia yang bersifat software programming dengan sentuhan grafis yang mampu mengimport dan mengendalikan banyak format file. Keunggulan dari program macromedia flash dibanding program lain yang sejenis, antara lain:
a.       Dapat membuat tombol interaktif dengan sebuah movie atau objek yang lain.
b.       Dapat membuat gerakan animasi dengan mengikuti alur yang telah ditetapkan.
c.       Dapat dikonversi dan dipubliksikan (publish) ke dalam beberapa tipe, diantaranya adalah .swf, .html, .gif, .jpg, .png, .exe, .mov.

4.         Macromedia Director MX
Digunakan untuk menggabungkan dari beberapa disain, gambar, suara yang telah dibuat serta beberapa animasi yang akan membentuk suatu CD interaktif yang akan digunakan.

5.         ISO, untuk Burning CD.
Program ISO digunakan untuk proses burning program CD interaktif yang telah dibuat ke dalam Compact Disc (CD).










BAB IV
HASIL RANCANGAN TAMPILAN
A.      Hasil Rancangan Tampilan
Hasil rancangan tampilan merupakan rancangan antarmuka CD Multimedia Interaktif. Tampilan rancangan inilah yang merealisasikan terjadinya interaksi antara manusia dengan komputer. Hasil rancangan tampilan dapat dijelaskan di dalam poin-poin berikut ini.
1.      Halaman awal
2.      Halaman Login
Pada halaman ini isikan nama serta passwod lalu tekan ‘login’.
2.      Halaman Ditolak
4.      Halaman Menu Utama
Halaman Menu Utama merupakan halaman Awal CD Multimedia Interaktif yang memiliki enam tombol navigasi yaitu tombol SK/KD, tombol materi, tombol video, tombol evaluassi, tombol dan tombol penulis . Gambaran halaman Menu Utama dapat dilihat pada gambar berikut :

Gambar halaman menu utama
Pada Halaman Menu Utama ini terdapat 5 tombol navigasi yang mempunyai fungsi masing-masing yang dijelaskan pada poin-poin berikut ini.


a.       Tombol about berisi biodata penulis
b.      Tombol Materi. Tombol navigasi ini akan menjelaskan tentang materi klasifikasi makhluk hidup.
c.       Tombol Video. Tombol navigasi ini akan menampilkan halaman tentang video klasifikasi makhluk hidup.
d.      Tombol evaluasi. Tombol navigasi ini akan pergi ke halaman evaluasi.
e.       Tombol petakonsep. Tombol navigasi ini akan menunjuk kan etakonsep materi
5.      Halaman Materi
6.      Halaman materi 2
7.      Halaman materi gambar

8.      Halaman video
9.      Halaman Evaluasi
Halaman menu latihan berisikan tentang soal-soal yang berhubungan dengan materi yang telah disampaikan. Pada menu ini terdapat 20 soal evaluasi. Gambar halaman latihan dapat dilihat seperti dibawah ini:
10.  Halaman penulis
Pada halaman ini menjelaskan tentang biaografi singkat tentang pembuat CD interaktif ini. Gambar tampilannya bias di lihat seprti di bawah ini :
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
Kesimpulan yang diambil setelah melakukan perancangan dan pembuatan CD Multimedia Interaktif pada mata pelajaran Biologi adalah  sebagai berikut ini.
1.      Perancangan CD Multimedia Interaktif ini merupakan sebuah media bantu pembelajaran yang digunakan untuk menunjang pembelajaran di sekolah.
2.      Struktur materi pembelajaran yang dirancang dan dibuat merupakan struktur materi untuk mata pelajaran Biologi kelas X Sekolah Menengah Atas.
3.      CD Multimedia Interaktif ini dirancang khusus untuk di Sekolah Menengah Atas.
4.      CD Multimedia Interaktif ini dirancang dengan menggunakan beberapa aplikasi desain grafis. Perpaduan semua aplikasi ini dapat menghasilkan CD Multimedia Interaktif yang menarik dan menggunakan semua aspek multimedia.
5.      CD Multimedia Interaktif ini dimanfaatkan untuk pembelajaran yang bersifat mandiri dengan bantuan komputer.

B.     Saran
Adapun saran-saran yang diberikan setelah dilakukan perancangan dan pembuatan CD Multimedia Interaktif ini adalah sebagai berikut.
1.      Bagi para perancang dan pembuat perangkat lunak pembelajaran, diharapkan melakukan perancangan yang terencana dan tertstrukur. Susunlah rencana perancangan dengan rapi sebelum dilakukan pembuatan CD Multimedia Interaktif. Sehingga akan dihasilkan CD Multimedia Interaktif yang rapi dan terstruktur.
2.      CD Multimedia Interaktif ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi guru dan pihak terkait dalam merancang  suatu media pembelajaran interaktif, sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa
3.      Setelah pembuatan CD Multimedia Interaktif diselesaikan, lanjutkanlah ke tahap uji kelayakan. Tahapan ini akan menguji apakah CD Multimedia Interaktif yang dirancang dapat dimanfaatkan atau tidak.
4.      Lakukanlah teknik pengumpulan data yang benar untuk menghasilkan instrumen uji kelayakan yang valid dan reliabel.








1 komentar:

  1. The 10 Best Casino Restaurants in San Diego, CA
    The 10 광명 출장샵 Best Casino 강원도 출장샵 Restaurants in San Diego, CA · 1. 경기도 출장샵 Bacchanal - The 포천 출장안마 Buffet at Oasis · 2. Delilah - The 의왕 출장마사지 Buffet at Cajun · 3. Caesars Palace - The Buffet at Costa di

    BalasHapus