Perancangan dan Pembuatan CD Multimedia Interaktif
Klasifikasi Makhluk Hidup
Kelas X SMAN 1
JAMBI
TUGAS AKHIR TEKNOLOGI
MULTIMEDIA DAN INTERNET
Diajukan
Sebagai Salah Satu Tugas Akhir Mata
Kuliah Teknologi Multimedia dan Internet
Komputer Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UPI “YPTK”
OLEH :
FADILLAH
( 12101156110188 )
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER
FAKULTAS KEGURUAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA
“YPTK”
PADANG
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Berdasarkan
pengamatan masih banyak guru yang menggunakan model pembelajaran yang bersifat
konvensional dimana dalam penyampaian materi di depan kelas masih menggunakan
papan tulis. Dengan penyampaian materi pelajaran seperti ini
terkesan monoton dan membuat kreativitas murid
tidak berkembang dengan
baik dan membuat suasana kelas menjadi biasa saja. Selain itu juga masih
banyak siswa yang menganggap mata pelajaran
biologi sebagai
mata pelajaran yang sulit dipahami dan merasa kesulitan dalam
belajar biologi.
Materi klasifikasi
makhluk hidup merupakan salah satu materi dalam biologi yang memuat pengelompokan mahluk hidup secara
sistematis dan bertahap sehingga memerlukan pemahaman yang
berlebih. Hal itu
akan membuat siswa
merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti proses
pembelajaran. Dengan semakin berkembangnya teknolologi khususnya di bidang
multimedia dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran biologi.
Penyampaian
materi sistem peredaran drah disini dibuat agar siswa merasa senang dan tidak
bosan dalam proses pembelajaran, yaitu dengan menggunakan compact disk (CD)
interaktif. Proses belajar mengajar dilengkapi
dengan menggunakan media
yang telah dirancang
dan dibuat dengan memanfaatkan
teknologi komputer kemudian dijadikan dalam bentuk CD biasanya berupa CD
pembelajaran yang dalam
penyampaian materi akan lebih terorganisasi, bersemangat dan hidup,
serta memudahkan guru dan siswa untuk
melakukan proses belajar mengajar. Pembelajaran dengan
menggunakan CD tersebut
diharapkan akan dapat memotivasi siswa untuk belajar, karena dapat menampilkan penyajian materi
secara menarik dan informatif. Selain
itu dalam mempelajari materi dan
berlatih soal-soal biologi menggunakan
CD Pembelajaran memungkinkan siswa
untuk dapat belajar
dan berlatih dalam suasana menyenangkan
tanpa meninggalkan tujuan
pembelajaran, sehingga siswa tidak
merasa bosan dalam
mengikuti proses pembelajaran
dan tujuan pembelajaran yang
telah ditentukan dapat
tercapai. Dengan menggunakan media CD pembelajaran ini
diharapkan proses pembelajaran jadi lebih aktif dan siswa lebih terampil dalam
memecahkan masalah yang dihadapi.
Dari uraian di atas, maka penulis membuat Tugas
Akhir ini dengan judul “Perancangan dan
Pembuatan CD Multimedia Interaktif Sistem Peredaran Darah Indentifikasi Masalah di SMA N 1 JAMBI.
Berdasarkan latar
belakang diatas, maka dapat indentifikasi suatu masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana merancang dan membuat
struktur materi yang baik dalam mata pelajaran Biologi tentang SISTEM
PEREDARAN DARAH.
2. Bagaimana merancang materi
pembelajaran yang baik untuk mata pelajaran Biologi tentang SISTEM
PEREDARAN DARAH
berbasis media CD multimedia interaktif
B. Batasan Masalah
Dari identifikasi masalah, maka
dapat dibatasi masalah sebagai berikut:
1.
Merencanakan dan membuat materi pembelajaran yang baik
dalam mata pelajaran Biologi SISTEM PEREDARAN DARAH.
2. Merencanakan dan membuat CD
Multimedia Interaktif untuk mata pelajaran Biologi tentang SISTEM PEREDARAN DARAH.
C. Rumusan Masalah
Dari batasan masalah maka dapat
dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
”
Bagaimana Merancangan dan
Membuatan CD Multimedia Interaktif SISTEM
PEREDARAN DARAH dalam Pelajaran Biologi untuk Kelas X SMAN 1 Lubuk ALung”
D. Tujuan
Adapun tujuan pembuatan Tugas
Akhir ini adalah :
1.
Membuat CD Multimedia Interaktif yang membantu siswa
dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran Biologi.
2.
Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar pada mata
pelajaran Biologi.
E.
Manfaat
Penulis
berharap dengan adanya pembuatan CD interaktif
ini dapat bermanfaat bagi:
1. Guru
a. Dapat
memudahkan guru dalam penyampaian materi pembelajaran dengan menggunakan CD
interaktif.
b. Memberikan
informasi tentang metode pembelajaran yang sesuai dengan materi.
2. Siswa
a. Meningkatkan
motivasi dan prestasi pada mata pelajaran Biologi.
b. Meningkatkan
pemahaman siswa dalam mendengarkan materi yang diajarkan.
F. Penulis
a. Untuk
memperdalam pemahaman tentang penggunaan CD interaktif.
b. Meningkatkan
pemahaman tentang materi yang telah di dapatkan selama perkuliahan.
BAB II
LANDASAN TEORI
A. CD Multimedia Interaktif
1. Compact
Disc (CD)
Compact
Disc (CD) dapat menyimpan informasi dalam berbagai bentuk, seperti : teks,
gambar, presentasi, slide, audio dan video. Dalam pendidikan CD dikenal dengan
CD program atau CD interaktif pembelajaran yang berisi gambar animasi dan
konsep, serta latihan berkaitan dengan materi pelajaran.
Menurut
Jonet (2006 :18) kepingan CD pada dasarnya dibagi menjadi tiga golongan :
CD-ROM, CD R dan CD-RW.
2. Multimedia
Berbasis Komputer
Multimedia
berbasis komputer terdiri dari CD, CD MP3, VCD dan DVD. Thorn (1995) (
http//pk.ut.ac.id/jp/52 benny html) mengajukan beberapa kriteria untuk menilai
suatu media interaktif:
a. Kemudahan
navigasi. Sebuah program harus dibuat
sesederhana mungkin.
b. Kandungan
kognisi. Sebuah program harus berisi pengetahuan dan presentasi informasi.
c. Isi
program. Apakah program telah memenuhi kebutuhan pembelajaran untuk peserta
ajar atau belum ?
d. Integrasi
media. Media harus dapat mengintegrasikan aspek dan keterampilan bahasa yang
harus dipelajari.
e. Tampilan.
Untuk menarik minat pembelajar, program harus mempunyai tampilan yang artistik.
f. Estetika.
Program yang dikembangkan harus memberikan pembelajaran yang diinginkan oleh
pembelajar, sehingga waktu seseorang selesai menjalankan sebuah program dia
akan merasa telah belajar sesuatu.
Pembelajaran
dengan komputer akan memberi kesempatan pada pembelajar untuk mendapat materi
pembelajaran yang dapat berinteraksi secara lebih luas. Pembelajaran pun
menjadi lebih bersifat pribadi yang akan memenuhi kebutuhan strategi
pembelajaran yang berbeda-beda. Di samping kelebihan dan keuntungan dari
pembelajaran dengan komputer tentu saja ada kekurangan dan kelemahannya.
Hambatan pemakaian komputer sebagai media pembelajaran antara lain adalah:
hambatan dana, ketersediaan piranti lunak dan keras komputer, keterbatasan
pengetahuan teknis dan teori dan penerimaan terhadap teknologi.
Menurut Teddy M.
Zakaria dan Agus Prijono (2007:1) Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah
bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi dan menerapkan (implementasi)
interaksi antara manusia dan komputer.
3. Interaktif
Kegunaan CD
multimedia interaktif menurut Winastwan(2007:17) dalam bukunya Produksi CD
multimedia interaktif yaitu:
a. Demonstrasi:
Demonstrasi produk teknologi informasi.
b. Tutorial:
Bersifat mengajarkan tentang sesuatu.
c. Simulasi:
Menggambarkan fungsi riil dari sistem, terjadi interaktifitas dua arah.
d. Evaluasi:
Mengukur pencapaian materi, misalnya quiz multiple Choice di setiap akhir
penyampaian materi ajar.
Tampilan sebuah
media interaktif harus disesuaikan dengan perkembangan dunia grafis.
Tampilannya harus menarik supaya penerima informasi tidak bosan dan monoton.
Desain juga harus disesuaikan dengan informasi yang disampaikan. Dalam sebuah
media interaktif yang terdiri dari berbagai macam bentuk informasi seperti
teks, suara (voice), musik dan video dipadukan dalam sebuah media CD.
Menurut Siswanto
(2008: 43) Untuk membuat CD Interaktif biasanya dibagi beberapa tahap antara
lain:
a. Kerangka
dasar CD Interaktif
1) Menetapkan
Tujuan dan sasaran
2) Membuat
design Lay out
3) Susunan
menu
b. Tahap
Persiapan
1) Membuat
rencana dan alur kerja
2) Mempersiapkan
hal-hal yang diperlukan dalam membauat CD Interaktif
3) Membuat
tombol interaktif
4) Membuat
gambar backgound
c. Tampiln
Awal
1) Membuat
halaman utama
2) Memasukkan
gambar sebagai background
3) Membuat
tombol menu
4) Memasukkan
file animasi
5) Membuat
tulisan berjalan
d. Memasukkan
Perangkat dan bahan ajar
1) Membuat
Perangkat Pembelajaran
2) Membuat
Bahan Ajar
3) Memodifkas
file-file
B.
Media
Pembelajaran
Menurut Bovee (1997) “Media pembelajaran adalah sebuah
alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran’’. Dalam hal ini
media pembelajaran adalah alat yang digunakan sebagai perantara dalam
menyampaikan pesan (konsep atau prinsip) ilmu pengetahuan dari guru kepada
siswa selama proses pembelajaran. Selanjutnya Sadiman (2003:6) mengemukakan
bahwa “media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran,
perasaan, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses
belajar terjadi”.
Salah satu ciri media pengajaran yaitu harus
mengandung dan membawa pesan atau informasi kepada penerima yaitu siswa.
Sebagian media dapat mengolah pesan dan respon siswa sehingga media tersebut
dinamakan media interaktif. Komputer merupakan jenis media yang secara virtual
dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar siswa, sehingga
proses belajar mengajar lebih efektif.
Arsyad (2007:26) menyatakan fungsi dari media
pembelajaran dalam proses belajar mengajar sebagai berikut :
1. Media
pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi.
2. Media
pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga
menimbulkan motivasi.
3. Media
pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu.
4. Media
pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang
peristiwa-peristiwa dilingkungan mereka.
Media pembelajaran
berfungsi untuk mempercepat proses belajar, artinya bahwa siswa dapat
menangkap tujuan dan bahan ajar lebih mudah dan lebih cepat dengan media
pembelajaran.
C.
Biologi
Sistem Peredaran Darah
Sistem peredaran darah
dikatakan komplek karena melibatkan multi organ, yang pada dasarnya bekerja
secara sistemik untuk memindahkan zat dari satu sel ke sel lain. Peredaran
darah pada manusia ini, dilaksanakan oleh sel darah dan mengalir melalui
pembuluh. Peredaran darah yang berada di dalam pembuluh darah disebut dengan
peredaran darah tertutup.
1. Sistem peredaran darah besar (sistemik)
Peredaran besar atau sistemik di mulai dari bagian anatomi
jantung yang tepatnya pada bagian aorta, menuju pada bagian tubuh lainnya,
pada bagian tubuh atas maupun tubuh manusia bagian bawah. Peredaran darah
terjadi melewati pembuluh darah arteri, mengalirkan darah yang kaya akan unsur
oksigen dan kemudian menyebar menuju semua organ tubuh manusia. Maka dari itu,
peredaran darah yang satu ini disebut peredaran darah besar.
2. Sistem Peredaran darah kecil (Pulmunol)
Kemudian untuk peredaran darah kecil ini, merupakan
peredaran darah pada manusia yang berisikan muatan darah kotor, lalu diangkut
oleh arteri Pulmonalis mulai dari serambi bagian kanan ke organ paru-paru. Pada
fungsi paru-paru inilah akan terjadi
kegiatan seperti “pembersihan”, yang pada akhirnya darah bersih ini akan di
bawa keluar dari paru-paru melewati Vena pulmonalis dan menuju ke jantung
tepatnya pada bagian bilik kiri.
Sistem peredaran darah berfungsi untuk mengedarkan
zat makanan ke seluruh tubuh. Zat makanan berguna untuk pertumbuhan, mengganti
sel-sel yang rusak, dan untuk beraktivitas. Pada manusia, sistem transportasi
atau peredaran darah terdiri atas tiga bagian utama, yaitu jantung, pembuluh
darah, dan darah.
BAB III
METODOLOGI PERANCANGAN
A.
Tujuan
Perancangan
Perancangan merupakan tahap awal dalam melakukan
pembuatan suatu masalah dan mencari penyelesaian masalah tersebut dengan
menentukan spesifikasi, prinsip kerja dan batasan dari ruang lingkup kerjanya.
Tujuan dari perancangan sistem ini adalah untuk menghasilkan suatu produk yang memenuhi segala spesifikasi yang
diharapkan tanpa mengabaikan faktor yang mempengaruhinya. Perancangan yang
dilakukan dimulai dari mempersiapkan
bahan ajar, software yang digunakan menyusun algoritma rancangan dan pengujian
jalannya CD interaktif sesuai dengan prinsip kerja yang telah ditetapkan dalam
perancangan. Pada prinsipnya perancangan yang sistematik akan memberikan
kemudahan dalam pembuatan alat dan langkah-langkahnya dapat dilihat dalam
pebuatan tugas akhir ini.
Selain itu tujuan perancangan tugas
akhir ini adalah untuk meningkatakan minat siswa dalam mengikuti pelajaran Biologi. Dengan adanya CD
Interaktif ini diharapkan para siswa dapat termotivasi dan lebih giat lagi
dalam melaksanakan proses belajar, sehingga mendapatkan nilai akhir yang lebih
baik
B. ALAT-ALAT PEREDARAN DARAH MANUSIA
Alat-alat peredaran darah pada manusia terdiri atas darah, pembuluh darah
dan jantung. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sistem transportasi
pada manusia ada dua yaitu peredaran darah dan peredaran limfe (getah bening).
1. Darah
Fungsi darah :
·
Sebagai alat pengangkut sari makanan dan O2 ke seluruh tubuh dan
sisa-sisa metabolisme ke alat ekskresi.
·
Menjaga agar temperatur tubuh tetap.
·
Mengedarkan air, selain mengedarkan sari makanan juga air yang berfungsi
untuk reaksi enzimatis atau untuk menjaga tekanan osmosis tubuh.
·
Mengedarkan getah bening.
·
Menghindarkan tubuh dari infeksi (membentuk antibody berupa sel darah putih
dan sel darah pembeku).
·
Menjaga kestabilan suhu tubuh.
· Mengatur keseimbangan asam basa (Hb).
Darah manusia tersusun atas beberapa komponen. Adapun komponen darah adalah
:
a.
Sel darah yang terdiri atas : sel darah merah (erytrosit), sel darah putih
(leukosit) dan keeping-keping darah pembeku (trombosit).
b. Plasma darah (cairan) yang terdiri atas :
·
Air, hamper 90% berupa cairan
·
Protein : albumin (53%) berperan dalam menjaga tekanan osmosis darah,
globulin (43%) berperan dalam pembuatan antibody, fibrinogen (4%) berperan
dalam pembekuan darah.
·
Gas berupa O2, CO2 dan N2.
·
Nutrien : lemak, glukosa, asam amino, vitamin, dll.
·
Garam mineral : NaCl, KCl, fosfat, sulfat, bikarbonat, dll.
·
Zat sisa : urea, kretinin, asam urat, bilirubin.
·
Hormon dan enzim.
c.
Dalam plasma terdapat antigen (protein asing) yang berguna untuk membentuk
antibody; presipitin yang menggumpalkan antigen; lisin yang mampu menguraikan
antigen; antitoksin untuk menawarkan racun.
C.
Rancangan
secara Umum
Secara umum CD interaktif ini
dirancang menggunakan program aplikasi Macromedia Director MX 2004. Pada saat
CD interaktif ini dijalankan akan ditampilkan halaman awal, halaman intro,
halaman pembuka, dilanjutkan pada tampilan halaman menu utama dan halaman
keluar dari CD Interaktif. Pada halaman awal terdapat satu tombol yaitu tombol
Login apabila di klik maka akan masuk ke halaman intro dan dari halaman intro
otomatis akan langsung terhubung ke halaman menu utama. Menu utama terdapat
lima pilihan tombol yaitu: tombol SK/KD,
tombol Materi, tombol Video, tombol Evaluasi, dan tombol Penulis.
1. Rancangan
Tampilan
Tampilan Media Pembelajara CD
Interaktif di desain dengan menggunakan
aplikasi desain grafis program Power Point
dan Adobe Flash. Rancangan menu program
dibuat untuk mempermudah dalam pemakaian sistem dan memperindah menu. Menu
utama tidak dirancang untuk memiliki link ke
beberapa halaman lainnya karena mempersulit
pembuatan CD interaktif.. Pada halaman Materi
akan berhubungan dengan klasifikasi makhluk hidup.
Dalam
CD interaktif ini dirancang beberapa tampilan yaitu:
a. Halaman
Intro
b. Halaman
Menu Utama
c. Halaman ABOUT
d. Halaman
Materi
e. Halaman
Video
f. Halaman Evaluasi
g. Halaman Penulis
1) Menu
ABOUT
Pada menu ini, siswa akan mengetahui siapa pembuat cd inerakif tersebut
2)
Menu Materi
Pada menu ini, siswa dapat
memperoleh informasi tentang materi sistem
peredaran darah dan terdapat tombol yaitu tombol home , exit back dan next .
3) Menu
Video
Pada menu video
terdapat tombol yaitu tombol home , back dan
next .
4) Menu
Evaluasi
Pada
menu evaluasi hanya terdapat satu tombol, yaitu tombol home. Apabila menu home di klik akan
muncul tentang macam-macam menu.
5) Menu
Penulis
Pada
menu ini terdapat identitas penulis.
D.Perancangan
Struktur Materi Media Pembelajaran CD Multimedia Interaktif
Perancangan
struktur materi CD interaktif untuk mata pelajaran Biologi dapat dilihat pada gambar berikut :
E. Rancangan
Antar Muka (Interface)
Perancangan Interface
CD Interaktif di desain dengan menggunakan aplikasi desain grafis adobe
photoscape, adapun rancangan tampilan
nya adalah sebagai berikut :
a.
Halaman Awal
Pada
halaman awal terdapat welcome
untuk biasa melanjutkan kehalaman berikutnya kita harus memasukkan mengklik ‘ok’.
b.
Halaman Login
|
c.
Halaman Ditolak
G.
Halaman Menu
Utama
H.
Halaman Materi
I.
Halaman Video
J.
Halaman Evaluasi
K.
Halaman
Penulis
|
F. Kebutuhan Hardware
Untuk merancang
media pembelajaran CD interaktif diperlukan spesifikasi hardware yang
mendukung. Perancang tidak mutlak harus menggunakan spesifikasi seperti yang
dijelaskan di bawah ini bisa spesifikasi yang lebih rendah ataupun lebih
tinggi. Dalam perancangan CD Interaktif ini menggunakan spesifikasi Hardware
Sebagai berikut :
1. PC Pentium IV, Processor
1.8 GHz
Derek Franklin
(2003) menyatakan bahwa sistem minimum pendukung macromedia adalah PC Pentium
III, prosesor 600MHz. Processor,
merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan
aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Kecepatan kerja prosesor biasanya
ditentukan oleh kecepatan clock dari Control
Unit-nya. Jika processor
memiliki frekuensi clock 1.8 GHz,
berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya:
Berarti
Dengan processor 1.8 GHz sudah mampu menangani perhitungan dengan
kemampuan dan kecepatan yang sangat tinggi.
2. RAM 512 MB
Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan
disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses
secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram.
Karena dalam pembuatan CD interaktif ini menggunakan software macromedia
yang dapat mengolah data dalam bentuk graphis, gambar, suara, dan lain-lain
maka dibutuhkan memori yang berkapasitas besar. Derek Franklin (2003) merekomendasikan besar
kapasitas memori yang digunakan untuk mendukung program macromedia adalah 256
MB. Semakin
besar memori maka semakin banyak data yang dapat disimpan.
3. Resolusi Monitor 1024 × 768 pixel
Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang
berbeda. Resolusi
ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar
monitor. Dengan memilih monitor dengan resolusi 1024 x 768 pixel maka tampilan
tiap frame pada CD interaktif memiliki ketajaman kualitas gambar/tampilan.
4. Speaker
Speaker berfungsi untuk merubah sinyal listrik menjadi sinyal suara/
audio.
5. VGA Card 64.
VGA card berfungsi untuk merubah sinyal digital dari komputer ke
sinyal analog agar informasi dapat ditampilkan oleh monitor. Dengan VGA card 64, maka informasi yang
ditampilkan pada monitor akan lebih bagus dan halus.
6. CD- RW.
CD-RW dapat digunakan untuk membaca dan menulis data dari dan ke
dalam Compact Disc. Setelah program CD interaktif selesai dibuat,
maka di burning menggunakan hardware CD-RW.
G.
Kebutuhan
Software
1.
Sistem Operasi Windows7
Merupakan
perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan
perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Microsoft windows7 adalah
salah satu sistem operasi yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat
yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling
berkomunikasi. Untuk mendukung kerja software macromedia , maka
direkomendasikan penggunaan sistem operasi Windows7 agar
sistem bekerja dengan baik.
2.
Adobe
Photoscape
merupakan salah satu program pengolah gambar standar profesional. Bisa digunakan untuk menangkap layar.
3.
Macromedia Flash MX 2004
Sebagai pembuat program dan animasi, Macromedia Flash adalah
software keluaran macromedia yang bersifat software programming dengan sentuhan
grafis yang mampu mengimport dan mengendalikan banyak format file. Keunggulan
dari program macromedia flash dibanding program lain yang
sejenis, antara lain:
a.
Dapat
membuat tombol interaktif dengan sebuah movie atau objek yang lain.
b.
Dapat
membuat gerakan animasi dengan mengikuti alur yang telah ditetapkan.
c.
Dapat
dikonversi dan dipubliksikan (publish)
ke dalam beberapa tipe, diantaranya adalah .swf, .html, .gif, .jpg, .png,
.exe, .mov.
4.
Macromedia Director MX
Digunakan untuk menggabungkan dari beberapa disain, gambar, suara yang
telah dibuat serta beberapa animasi yang akan membentuk suatu CD interaktif
yang akan digunakan.
5.
ISO, untuk Burning CD.
Program ISO
digunakan untuk proses burning
program CD interaktif yang telah dibuat ke dalam Compact Disc (CD).
BAB IV
HASIL RANCANGAN TAMPILAN
A.
Hasil Rancangan Tampilan
Hasil rancangan tampilan merupakan
rancangan antarmuka CD Multimedia Interaktif. Tampilan rancangan inilah yang merealisasikan
terjadinya interaksi antara manusia dengan komputer. Hasil rancangan tampilan
dapat dijelaskan di dalam poin-poin berikut ini.
1.
Halaman
awal
2. Halaman
Login
Pada halaman ini isikan nama serta passwod lalu tekan
‘login’.
2.
Halaman Ditolak
4.
Halaman Menu
Utama
Halaman
Menu Utama merupakan halaman Awal CD Multimedia Interaktif yang memiliki enam tombol navigasi yaitu
tombol SK/KD, tombol materi, tombol video, tombol evaluassi, tombol dan tombol
penulis . Gambaran halaman Menu Utama dapat dilihat pada gambar berikut :
Gambar halaman menu utama
Pada
Halaman Menu Utama ini terdapat 5
tombol navigasi yang mempunyai fungsi masing-masing yang
dijelaskan pada poin-poin berikut ini.
a.
Tombol about berisi biodata penulis
b.
Tombol
Materi. Tombol navigasi ini akan menjelaskan tentang materi klasifikasi makhluk hidup.
c.
Tombol
Video. Tombol navigasi ini akan menampilkan halaman tentang video klasifikasi makhluk hidup.
d.
Tombol
evaluasi. Tombol navigasi ini akan pergi ke halaman evaluasi.
e.
Tombol
petakonsep. Tombol navigasi ini akan menunjuk kan etakonsep materi
5. Halaman Materi
6.
Halaman materi 2
7.
Halaman materi gambar
8.
Halaman video
9.
Halaman Evaluasi
Halaman menu latihan
berisikan tentang soal-soal yang berhubungan dengan materi yang telah
disampaikan. Pada menu ini terdapat 20 soal evaluasi. Gambar halaman latihan
dapat dilihat seperti dibawah ini:
10. Halaman penulis
Pada halaman ini menjelaskan tentang biaografi singkat tentang
pembuat CD interaktif ini. Gambar tampilannya bias di lihat seprti di bawah ini
:
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Kesimpulan yang diambil setelah melakukan perancangan dan
pembuatan CD Multimedia Interaktif pada mata pelajaran Biologi adalah
sebagai berikut
ini.
1.
Perancangan CD
Multimedia Interaktif ini merupakan sebuah media bantu pembelajaran yang digunakan
untuk menunjang pembelajaran di sekolah.
2.
Struktur
materi pembelajaran yang dirancang dan dibuat merupakan struktur materi untuk
mata pelajaran Biologi kelas X Sekolah Menengah
Atas.
3.
CD Multimedia
Interaktif ini dirancang
khusus untuk di Sekolah Menengah Atas.
4.
CD Multimedia
Interaktif ini dirancang dengan menggunakan beberapa aplikasi desain grafis.
Perpaduan semua aplikasi ini dapat menghasilkan CD Multimedia Interaktif yang
menarik dan menggunakan semua aspek multimedia.
5.
CD Multimedia
Interaktif ini dimanfaatkan untuk pembelajaran yang bersifat mandiri dengan
bantuan komputer.
B. Saran
Adapun saran-saran yang diberikan setelah dilakukan
perancangan dan pembuatan CD Multimedia Interaktif ini adalah sebagai berikut.
1. Bagi para perancang dan pembuat perangkat lunak
pembelajaran, diharapkan melakukan perancangan yang terencana dan tertstrukur.
Susunlah rencana perancangan dengan rapi sebelum dilakukan pembuatan CD
Multimedia Interaktif. Sehingga akan dihasilkan CD Multimedia Interaktif yang
rapi dan terstruktur.
2.
CD
Multimedia
Interaktif ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi guru dan pihak terkait
dalam merancang suatu media pembelajaran
interaktif, sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa
3.
Setelah pembuatan
CD Multimedia Interaktif diselesaikan, lanjutkanlah ke tahap uji kelayakan.
Tahapan ini akan menguji apakah CD Multimedia Interaktif yang dirancang dapat
dimanfaatkan atau tidak.
4.
Lakukanlah teknik
pengumpulan data yang benar untuk menghasilkan instrumen uji kelayakan yang
valid dan reliabel.
The 10 Best Casino Restaurants in San Diego, CA
BalasHapusThe 10 광명 출장샵 Best Casino 강원도 출장샵 Restaurants in San Diego, CA · 1. 경기도 출장샵 Bacchanal - The 포천 출장안마 Buffet at Oasis · 2. Delilah - The 의왕 출장마사지 Buffet at Cajun · 3. Caesars Palace - The Buffet at Costa di